Meski Hujan, Semangat Ngayah Bli Braya Pantang Menyerah

Editor: Redaksi | Reportase: Totok Waluyo

Buleleng, TOPIK9| Hujan deras yang mengguyur Desa Sinabun Kecamatan Sawan, Buleleng dari pukul 11.30 WITA tak menyurutkan tim Nopeng dari Bli Braya untuk ngayah (bakti sosial).

Ngayah Nopeng ala Bli Braya ini dalam rangka menghibur masyarakat adat di Pura Desa Sinabun, Sawan, Buleleng pada hari Kamis (26/5/2022) dalam prosesi akhir (wayonan) acara Ngusaba.

Terpantau di lokasi, meski hujan masyarakat adat tetap melakukan Upacara Mendak dan Penyineban yang diakhiri Topeng Sidakarya.

Menariknya, selepas acara Nopeng, hujan langsung berhenti. “Ini merupakan bukti adanya anugerah dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa mas. Sehingga acara bisa dilanjutkan dengan lancar,” ujar penopeng sekaligus Founder Bli Braya Dr. I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa, S.H., M.Hum. yang juga Dekan Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sementara di tempat yang sama, Bendesa Sinabun Gusti Parta menyatakan rasa kebersyukurannya. Karena menurutnya, atas kekompakan masyarakat dan amongan masing-masing banjar sudah diatur, maka prosesi odalan tetap berjalan dengan baik.

“Terima kasih juga kepada Pemerintah Provinsi Bali yang pada hari ini juga memberikan bantuan Yadnyanya. Serta Suksma (terima kasih) kepada Bli Braya yang bersedia ngayah kepada desa kami. Semoga mendapatkan berkah dan rahayu sareng sami (selamat dunia akhirat),” tutupnya.(*/02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.