Safari Ngayah ala Bli Braya Buleleng

Editor: Redaksi | Reportase: Totok Waluyo

Buleleng, TOPIK9| Organisasi Kemasyarakatan Bli Braya kembali melakukan safari Ngayah di Pura Desa dari Desa Adat Panji Sakti hingga Monumen Bung Karno, Minggu (12/6/2022).

Pura Desa Adat Buleleng, menurut Klian Desa Adat Buleleng Drs. Nyoman Trisna merupakan peninggalan sejarah zaman Ida Betare Panji Sakti pendiri Kerajaan Buleleng.

“Jadi di Balai Agung ini, pada masa kejayaan Kerajaan Buleleng dijadikan tempat paruman (musyawarah) serta sebagai markas besar pasukan Tri Datu atau pasukan 40 (petang dasa) dalam mengambil keputusan yang strategis,” ujarnya.

Atas dasar inilah, masyarakat sekitar hingga kini tetap menjaga dan melestarikan apa yang menjadi peninggalan, tandasnya.

Tidak hanya itu saja, berdasarkan informasi yang beredar di masyarakat, daerah ini juga merupakan tempat kelahiran Ibu dari Presiden Pertama Indonesia Bung Karno, yaitu Ida Nyoman Serimben.

“Makanya sampai sekarang, masih ada dari keluarga beliau yang jadi pemangku sekaligus ikut menjaga Pura Desa atau yang biasa Balai Agung,” terangnya seraya menambahkan, baik Bapak dan Ibu dari Bung Karno memang pernah hidup disini.

Sehingga putra putri Bung Karno dan keturunannya sering mebakti (minta restu_red) sama leluhur dan sesuhunan di Pura Desa,” imbuhnya.

“Dan tak lupa juga kami dan seluruh masyarakat Desa Adat Buleleng mengucapkan banyak terima kasih kepada Bli Braya atas aturan ayahan Topeng Bli Braya,” tutupnya dengan didampingi Ketua Yowana Buleleng I Gede Arya Septiawan, S.Pd.

Sementara, Founder Bli Braya Dr. Sukawati Lanang Perbawa mengucapkan terima kasih atas waktu dan tempat yang disediakan.

“Bagaimanapun juga, safari Ngayah kami dari Bli Braya merupakan wujud bakti kepada Ida Betare sami pengajeg Buleleng, Betare Panji Sakti dan Bung Karno serta leluhurnya. Semoga ayahan Bli Braya bisa bertahan terus di jagad Buleleng dan Bali pada umumnya,” pungkas Lanang Perbawa yang juga Dekan Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar.(*/02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.